treatment/perawatan wajah

Review Wardah Suncare Sunscreen Gel

Bagi teman-teman yang lagi cari sunscreen, Thinkerberl punya rekomendasi sunscreen yang ringan dan murah. Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30 teksturnya ringan dan langsung meresap di kulit. Harganya sekitar Rp.35.000,00 (tiga puluh lima ribu rupiah) untuk 40ml. Harga bisa berbeda, tergantung beli dimana. Dapetinnya juga mudah, dimana-mana udah ada baik online maupun offline store. Untuk harga segitu, dapat 40ml menurut Thinkerberl masih affordable. Untuk hasil memang tidak matte jadi kemungkinan akan bikin berminyak setelah beberapa jam pemakaian. Jadi Thinkerberl saranin buat sering2 re-apply sunscreennya dan re-touch makeup ya 🙂 

Nah buat yang masih bingung kenapa sih kita harus pake sunscreen? apasih bedanya sunscreen sama sunblock? yuk Thinkerberl bantu sedikit biar ada gambaran. kita belajar bareng ya

Kenapa sih kita harus pakai sunscreen? 

Sinar matahari (UV) dapat merusak kulit. Sunscreen adalah produk perawatan kulit berbentuk lotion, spray, gel, foam, atau stick yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB. Menurut Thinkerberl wardah sun care merupakan sunscreen yang berbentuk lotion meski tulisannya gel, karna teksturnya mirip seperti body lotion. 

Meski UVA dan UVB sama-sama buruk bagi kulit, sinar UVA menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah karena bisa menembus bagian terdalam kulit. Radiasi sinar UVA dapat menembus awan dan kaca, baik itu pada siang, malam, bahkan ketika cuaca sedang mendung. Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam.

Sementara sinar UVB (Ultraviolet-Burning) merupakan sinar matahari yang memiliki panjang gelombang lebih kecil dari sinar UVA. Sinar UVB tidak menembus kaca dan awan, tapi radiasinya jauh lebih kuat daripada UVB. Terkena sinar UVB sebentar saja dapat menyebabkan kulit terbakar (sunburn).

Jika kulit sering terkena radiasi kedua sinar tersebut, risiko untuk terkena kanker kulit pun kian besar. Jika kanker kulit adalah salah satu efek jangka panjang, Sinar UV juga bisa dirasakan dalam jangka pendek seperti kulit merah (terbakar), kulit kusam dan gelap. untuk itu kita wajib melindungi kulit kita dengan sunscreen supaya bebas dari efek jangka pendek dan jangka panjang sinar UV meski cuaca mendung atau kita berada di dalam ruangan.

(Tekstur Wardah Suncare Sunscreen Gel)
sumber: thinkerberl.com

Lalu apa bedanya sunscreen dengan Sunblock?

Sunscreen dan sunblock memiliki fungsi yang sama yaitu pelindung kulit dari sinar matahari hanya saja sunscreen teksturnya lebih ringan sehingga bisa digunakan sehari-hari dan dianjurkan bagi orang-rang yang bekerja di dalam ruangan. Sedangkan sunblock teksturnya lebih kental sehingga dianjurkan bagi orang-orang yang bekerja diluar ruangan yang terpapar sinar matahari langsung. 

wardah suncare sunscreen gel
(sumber: thinkerberl.com)

Nah, di dalam sunscreen terdapat kandungan SPF. Apa itu SPF? SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor. SPF adalah penentu seberapa lama kita dapat berada dibawah sinar matahari tanpa terbakar. Jika produk tersebut mengandung SPF 30 seperti Wardah Sun Care Sunscreen Gel ini, artinya kita bisa berada 30 kali lipat lebih lama di bawah sinar matahari sebelum terbakar. Misalnya, jika kita butuh waktu 10 menit dibawah sinar matahari sampai kulit mulai terbakar tanpa dilindungi apapun dan kita memakai produk ber-SPF 30, produk tersebut akan memperpanjang waktu kita 30 kali lipat lebih lama sebelum terbakar. 30 x 10 menit =300 menit atau 5 jam. Sekedar informasi, rata-rata kulit manusia hanya bertahan 10 menit dibawah paparan sinar matahari. Semakin besar angka SPF-nya, semakin lama akan melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, produk ber-SPF tinggi tidak memberikan 100% dari risiko kulit gosong, tapi mampu memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit. Berapapun tingkat SPF yang digunakan, sebaiknya gunakan ulang setelah jangka waktunya habis ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)

  • Instagram