Wisata Jogja

Cari Sunset di Puncak Widosari Kulon Progo

Hai thinkers! sekali-kali aku mau share tempat healing ya.. Kira-kira setuju nggak nih kalau kedepannya thinkerberl bakal share tempat-tempat yang seru di Jogja? Karena Jogja punya banyak surga yang ga habis-habis, salah satunya adalah Puncak Widosari Kulon Progo.

Sebagai warga Jogja, seneng banget bisa datang ke Puncak Widosari, karena nggak terlalu jauh dan pemandangannya worth to see

Pemandangan dari atas Puncak Widosari

Medan dan Jarak

Untuk jarak karena aku dari Palagan, kira-kira sekitar 40 km dengan waktu tempuh 1 jam 20 menit (dilihat dari google map). Tapi nyatanya bisa hampir 2 jam karena medan yang ada tidak semulus gombalan dia ke kamu hehehe…

Kemarin rute yang aku ambil lewat Minggir Sleman, yang bikin was was memang medan dari kebun teh Nglinggo sampai ke Puncak Widosari… Jadi Puncak Widosari ini memang tempat yang paling atas, dari Tumpeng Menoreh masih naik lagi.. memang searah sama Tumpeng Menoreh, tapi dengan posisi yang lebih tinggi dibanding Tumpeng Menoreh..

Sebagian besar jalan memang sudah di aspal dan rata, tapi ada jalan yang belum ter-aspal dan hanya bisa dilalui sama 1 mobil, jadi kalau mobil sama mobil papasan, harus ada yang ngalah thinkers.. entah itu mundur atau nunggu kendaraan lain lewat di jalan yang kira kira muat dilalui 2 mobil.

Sensasi ekstrem itu ditambah dengan kondisi jalan yang lumayan naik turun, tapi menurutku itu seru banget karena sepanjang jalan  kita udah disuguhi pemandangan yang ngga bisa kita lihat di kota.

Nah patokan jalan yang memicu adrenalin tadi adalah masjid, disana ada masjid yang terletak diantara pemukiman penduduk. Kita harus masuk gang masjid untuk melalui lika-liku yang aku sebutkan diatas. Gausah takut, asal berhati-hati dan waspada semua pasti aman terkendali 😊

Kendaraan yang bisa melintas

Kondisi dan rute jalan bisa dilalui motor maupun mobil. Karena tanjakan yang cukup tinggi, naik kendaraan matic perlu lebih hati-hati.. terutama motor matic. Jangan lupa untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima baik itu dari ban, mesin, bensin, dan yang paling penting rem ya thinkers..

Akses dan Fasilitas

Setelah sampai di parkiran puncak Widosari, kita udah bisa bernafas lega karena parkirannya lumayan luas, bersih dan tanahnya rata. Selain itu di dekat parkiran dan pintu masuk terdapat warung makan khas pedesaan yang cozy banget buat nge-teh dan ngobrol. Menu makanannya disuguhkan prasmanan. Selain itu nggak ketinggalan ada Mushola, jadi kita nggak perlu khawatir bakal kelewatan waktu ibadah.

Tiket Masuk

Kita patut bersenang hati karena biaya masuk ke Puncak Widosari tergolong sangat terjangkau karena cuma bayar parkir, sebesar Rp 5000/mobil. Bisa jadi parkir motor lebih murah ya thinkers..

Pemandangan

Eits tunggu dulu.. setelah parkir, kita perlu jalan beberapa menit untuk bisa sampai ke syurganya Puncak Widosari. Jalannya udah konblok, tangganya pun dilengkapi pegangan besi. Tapi tetap ingat untuk selalu berhati-hati ya.. karena kalau jatuh bisa masuk ke alam lain.

Setelah melalui tangga, barulah kita disuguhi pemandangan yang luar biasa… sebetulnya aku kesini mau cari sunset, karena pasti keren banget nyunset di sini, sayangnya waktu aku sampai, kondisi cuaca agak mendung.. tapi ga kalah seru karena aku merasa ada diatas awan dan ditemani kabut yang syahdu banget…

Waktu aku datang masih suasana libur lebaran thinkers.. tapi Puncak Widosari menurutku tergolong sepi karena orang lebih tertarik ke Tumpeng Menorah.. padahal menurutku, Puncak Widosari lebih terjangkau dan pemandangannya lebih memuaskan.

Aku kasih 9,5/10 untuk Puncak Widosari.. bakal kesini lagi sih kalau butuh pemacu adrenalin dan penyegaran mata 😊

Terimakasih sudah membaca, jangan lupa tonton video dibawah ini ya, biar dapet gambaran Puncak Widosari.

vidio singkat perjalananku ke Puncak Widosari